Karakter Media Massa

            Media massa, yang biasa disingkat dengan “media” adalah menjadi salah satu saluran, sarana atau alat yang digunakan dalam proses komunikasi massa. Komunikasi massa adalah komunikasi yang diarahkan kepada banyak orang (channel of mass communication). Komunikasi massa itu sendiri merupakan salah satu dari komunikasi melalui media massa (communicated with media)

Salah satu contoh media massa adalah radio, televise dan surat kabar. Media massa juga sebagai sarana penyampaian pesan yang terhubung langsung dengan masyarakat luas. Pengertian media massa adalah perantara atau alat-alat yang digunakan oleh massa dalam hubungan satu sama lain (Soehadi. 1978:38) hal itu dikarenakan media massa diambil dari kosa kata bahasa inggris yaitu mass yang berarti kelompok atau kumpulan.The Big Five of Media Mass (Lima Besar dalam Media Massa) adalah surat kabar, majalah, radio, dan film. Dan juga internet (cybermedia, media online)

Media Cetak. Media massa cetak (Printed Media) adalah media massa yang dicetak pada lembaran kertas. Format dan ukuran kertasnya, media massa cetak dapat dikatakan dengan koran dan surat kabar dengan ukuran kertas boardsheet tujuh kolom. Tabloid ½ boardsheet. Majalah ½ tabloid atau kertas ukuran folio atau kuarto. Buku ½ majalah. Newsletter dengan ukuran folio atau kwarto dengan jumlah halaman empat sampai delapan. Buletin ½ majalah dengan jumlah halaman empat sampai delapan. Isi media massa cetak biasanya berupa berita, opini, dan feature.

Media Elektronik dan Online. Media massa elektronik yang isinya disebarluaskan melalui suara atau gambar (audio visual) seperti radio, televise dan film. Media massa online biasanya dapat ditemukan di internet (situs web)

Peran Media Massa menurut Denis McQuail. Salah satunya adalah sumber kekuatan, sebagai alat kontrol, manajemen, dan inovasi di masyarakat. Industry pencipta lapangan kerja, barang dan jasa dan membuat industry lain terutama dalam bidang periklanan atau promosi. Forum untuk menampilkan apa yang terjadi di masyarakat. Tempat untuk pengembangan kebudayaan , mode, gaya hidup, dan norma.

            Karakteristik Media Massa. Memiliki lima karakteristik. Yang pertama, publisitas yaitu disebarluaskan kepada publik, khalayak, atau orang banyak. Yang kedua, universalitas yaitu pesannya bersifat umum dan semua peristiwa diberbagai tempat, dan menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak (masyarakat umum). Yang ketiga, tetap atau berkala, misalkan harian, mingguan, atau bulanan, atau siaran jam per hari. Yang keempat, kontinuitas yaitu berkesinambungan atau terus-menerus sesuai dengan periode atau jadwal terbit. Yang terakhir, aktualitas yaitu, berisi hal-hal baru seperti informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan banyak lagi. Aktualitas juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.

Fungsi Media Massa. Sejalan dengan fungsi media massa yang disampaikan Harold D. Laswell : informasi (to inform), mendidik (to educate), menghibur (to entertain)

Fungsi Media Menurut UU No. 40/1999 Tentang Pers yaitu menginformasikan (to inform), mendidik (to educate), menghibur(to entertain), pengawasan sosial (social control) – pengawas perilaku publik dan penguasa

Manajemen Penerbitan Media Cetak

Pers. Medianya adalah surat kabar, majalah dan televisi dengan cara penyampaian yang berbeda. Dengan isi surat kabar yang menjual kolom iklan, televisi menjual waktu yang diisi program dan sponsor. SDMnya adalah redaktur dan wartawan

Pers secara melembaga dapat dikelola secara organisasi, punya tata laksana, dan tata administrasi. Berasal dari Bahasa Inggris Management dan Italia manaj (iare) berarti memimpin, membimbing dan mengatur. Manajemen terdiri atas POAC (planning, Organizing, Acting,Controling. Planning: penetapan tujuan, penetapan aturan, penyusunan rencana.

Organizing: pembentukan bagian-bagian, pembagian tugas,pengelompokan pegawai.

Acting: melaksanakan tugas, memproduksi, mengemas produk, menjual produk dan selanjutnya.

Controling: melihat pelaksanaan tugas, menyeleksi produk, mengevaluasi penjualan.

Manusia Butuh Media Massa. Mengetahui apa yang penting dan   perlu. Membantu mengambil keputusan. Memperoleh informasi. Pengusaha penerbitan pers harus memperhatikan juga keinginan kastemer (pembaca), kecendrungan perubahan sosial, kiat-kiat competitor, mengamati perubahan teknologi, ekonomi, politik dan sosial.

Langkah Efektif Dalam Penataan Ulang Proses Bisnis Penerbitan PERS adalah dengan cara memulai dari TOP Management dan merapatkan barisan pelaksana tingkat middle management. Manajemen yang sehat yaitu peluang usaha, kemampuan Sumberdaya Manusia, perhitungan modal, unsur-unsur depresiasi lain di perusahaan.

Manfaat Internet

Manfaat internet terutama untuk kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Ada dua hal yang menjadi salah satu manfaat internet yaitu, informasi
untuk kehidupan pribadi : kesehatan, rekreasi, hobi, pengembangan pribadi, rohani,
sosial. Kedua, informasi untuk kehidupan profesional/pekerja : sains, teknologi, perdagangan,
saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Web Site atau Situs. Situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link. Unsur-unsur Web Site atau Situs adalah Domain name. Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs. Domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL Contoh : http//www.gegestars.com

Hosting. Hosting adalah ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkandi situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs. Hosting  diperoleh dengan menyewa yang  besarnya  ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negri.

Media Online. Pengertian Media Online secara umum, yaitu segala jenis atau format media yang hanya bisa diakses melalui internet berisikan teks, foto, video, dan suara. Sarana komunikasi secara online melalui milist, blog, website, WA dan media sosial. Pengertian media online secara khusus adalah media yang menyajikan karya jurnalistik (berita, artikel, feature) secara online.

Karakteristik Media Online. Kapasitas luas –halaman web bisa menampung naskah sangat panjang. Pemuatan dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja. Jadwal terbit bisa kapan saja bisa, setiap saat. Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang. Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet. Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian. Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja. Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb. Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search). Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)yang berkaitan dengan informasi tersaji.

Jurnalisme Online (Cyber Journalism) Jurnalisme online merupakan proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet (website).  reporting of facts produced and distributed via the Internet. Jurnalisme Online merupakan jurnalisme judul karena perilaku pembaca yang umumnya ”headline reader” atau ”lead reader” –perilaku yang juga berlaku bagi pembaca koran. Tubuh berita biasanya diformat dalam bentuk singkat dan padat. Kelengkapan informasi tetap terjaga karena ada ”berita/tulisan terkait” (linkage).